MI COKROAMINOTO 01 WANAKARSA

MI COKROAMINOTO 01 WANAKARSA
يطبع المؤمن الجيل، كرس والمعارف والمعرفة ، وحرف معينة ، كما هو كريم القرآنية جيدا يميل
Powered By Blogger

Senin, 11 Januari 2010

المدرسة إبتدائيه جوقروامي نوتو١وناكرسا فى راواويندو

" يطبع المؤمن الجيل، كرس والمعارف والمعرفة ، والأخلاق القرآنية ويميل رفاه "

السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
       Puji syukur kehadirat Allah swt yang masih memberikan banyak kenikmatan kepada kita semua sehingga kita masih bisa melaksanakan kewajiban dan kegiatan kita sehari-hari, Sholawat dan Salam semoga tetap tercurakan kepada junjungan nabi kita nabiyulloh Muhammad saw, yang senantiasa kita nantikan syafa'atnya di yaumul qiyamah..sebelumnya kami mohon maaf apabila didalam blog ini terdapat kata2 yg meniru, njiplak, ataupun hampir mirip dan yang tidak berkenan dihati pembaca, kami dengan rasa rendah hati mohon maaf, penulis tidak mempunyai maksud apa-apa kecuali berusaha berjuang sekuat tenaga kita, untuk desa tercinta dengan membawa bendera syariat Islam, didesa penulis walaupun dusun kecil tapi memiliki Madrasah sendiri merupakan hal yang harus disyukuri tapi kenyataanya lain sekarang banyak Madrasah-madrasah yang kurang diminati masyarakat karena mungkin kurang dari segi pendidikan, kedisiplinan, pengetahuan, teknologi, dan lain-lain dibandingkan dengan Sekolah Dasar Negeri terutama diperkotaan. Banyak orang tua atau wali murid yang enggan memasukan anaknya keMadrasah karena Madrasah tidak disiplin, kualitas pendidikan kuranglah, kegiatan-kegiatan extrakurikuler tidak ada dan lebih bangga kalo anaknya bisa masuk di sekolah-sekolah negeri yang mungkin letaknya lebih jauh sedangkan didaerahnya sendiri ada Madrasah, padahal setiap sekolah memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing mungkin karena beberapa faktor termasuk MI C 01 Wanakarsa dikarenakan mungkin dari tenaga pendidik yang kurang professional, administrasi yang kurang baik, letaknya di pedalaman/jauh dari kota, wali murid yang kurang partisipasinya, dan bahkan tidak menganggap bahwa Madrasah ini ada. Padahal dari sisi lain juga memiliki kelebihan yang mungkin tidak dimiliki sekolah yang lain dalam bidang Agama terutama karena disamping pendidikan umum juga merupakan ciri khas Madrasah adalah pendidikan Agama seperti Al-Qur’an&Hadist, Akidah Akhlak, Bahasa Arab, BTQ, Fiqih dan lainya yang semua itu tidak ada di Sekolah Dasar Negeri, di MI C 01 Wanakarsa Juga ada Tahfizdil Qur'an, diharapkan lulus Madrasah dapat hafal Juz 30. Bertujuan agar melatih anak sedini mungkin untuk mempelajari dan mendalami Al-Qur’an serta mengamalkan, klo sudah dewasa biasanya sudah sibuk jadi tidak sempat mempelajarinya bahkan ada sebagian yang malu belajar Al-Qur’an karena sudah besar .
Semoga Allah memberikan kekuatan kepada kami untuk ini dan senantiasa Melimpahkan Taufiq, Hidayah, Dan Rahmatnya kepada kita semua agar kita bisa melaksanaka tugas kita sesuai dengan tujuan penciptaannya dan bisa berjuang untuk Nusa Bangsa Dan Agama. Amin....اللهم امين يارب
Mohon maaf apabila ada kata yang kurang pas ataupun menyinggung perasaan pembaca Akhirul kalam “Billahi Taufiq Wal Hidayah Waridho WalInayah ”

والسلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

 A. Letak Geografis
    
Letak sebuah sekolah sangat berpengaruh terhadap proses kegiatan belajar mengajar, karena hal ini dapat menciptakan suatu situasi dan kondisi edukatif yang nyaman, aman dan tentram dengan prinsip efisiensi dan efektifitas yang dapat menumbuhkan dan mengembangkan motivasi belajar pada siswa. 
MI Cokroaminoto 01 Wanakarsa terletak di Dusun Rawawindu, Desa Wanakarsa, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara, sekitar 12 km dari kota Banjarnegara, bila ditempuh melalui Kecamatan Banjarmangu. Apabila ditempuh melalui jalur PLTA Mrica kurang lebih berjarak 20 km. Dari sisi letak, MI Cokroaminoto 01 Wanakarsa memiliki posisi yang kurang strategis, karena terletak di pinggiran Desa (terpencil) dekat bendungan dimana penduduknya sedikit hanya satu RT (kurang lebih 40 Kepala Keluarga)karena sebagian besar masyarakat Dusun Wanakarsa dan Bantar pindah keluar daerah.
MI Cokroaminoto 01 Wanakarsa berdiri di atas tanah wakaf dari Bapak Sartono seluas 953 meter persegi luas bangunannya…meter persegi yang terdiri dari:
1. 1 ruang digunakan untuk kantor Madrasah berukuran 7x7 meter;
2. 3 ruang digunakan untuk kelas berukuran 7x7 meter;
3. 1 kamar toilet berukuran 2,5x3 meter;
Halaman dan kebun seluas 700 m2 digunakan untuk bermain dan bercocok tanam.
B.Sejarah Berdirinya
    
Desa Wanakarsa memiliki 3 sekolah tingkat dasar, 2 sekolah Dasar Negeri, (SDN)dan 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Cokroaminoto 01 Wanakarsa terletak di Dusun Wanakarsa yang merupakan pindahan dari SRI Wanadadi (semacam Sekolah Dasar pada waktu itu). Karena di Wanadadi akan dibangun SMPD (semacam Sekolah Menengah Pertama). Adapun alas an pemindahan tersebut karena desa Wanakarsa merupakan basis warga Syarikat Islam (SI) yang sangat kuat. 

      Sering dengan adanya rencana pemerintah pusat untuk membangun Bendungan Pang lima Besar Soedirman yang berlanjut dengan upaya pembebasan tanah bagi lahan yang dimungkinkan tergenang air bendungan. Sedang MI Cokroaminoto Wanakarsa lokasinya paling dekat dengan lokasi proyek, maka warga masyarakat sepakat untuk memindahkan MI Cokroaminoto ke dusun Rawawindu. Kemudian pada awal tahun 1987 diganti rugi pembebasan tanah atas MI Cokroaminoto Wanakarsa digunakan untuk membangun MI Cokroaminoto didusun Rawawindu, sehingga sejak saat itu MI Cokroaminoto Wanakarsa dipindahkan ke Rawawindu, di samping itu telah dibuka jumlah kelas filial yang berada di Kalijoho yang berkembang dari tahun ke tahun jumlah siswanya semakin banyak. Pada tahun pelajaran 1987/1988 pengurus YPI Cabang Banjarnegara yang dihadiri oleh Bapak Hadisiswoyo menegaskan dan menyatakan bahwa:
A. MI yang berlokasi di Rawawindu sebagai MI Cokroaminoto 01 
B. MI yang berlokasi di Kalijoho sebagai MI Cokroaminoto 02 
Secara kronologis proses berdirinya Mi Cokroaminoto 01 Wanakarsa dapat dipaparkan sebagai berikut:
1) MIC Wanakarsa didirikan dan merupakan pindahan SRI dari Wanadadi sekitar tahun 1953. 
2) MIC Wanakarsa pada tahun 1983 membuka kelas filial di Kalijoho. 
3) pada tahun pelajaran 1987/1988 MI yang berlokasi di Rawawindu dinyatakan sebagai MI Cokroaminoto 01. 
4) MI yang berlokasi di Kalijoho dinyatakan sebagai MI Cokroaminoto 02. Pada tanggal 31 Desember 1994 MI Cokroaminoto 01 mendapat status yang Diakui oleh Departemen Agama.
C. Visi dan Misi
      1. Visi
                  " Mencetak Generasi yang Beriman, Bertaqwa, Berilmu Pengetahuan, dan Berakhlakul  
                     Karimah serta Berjiwa Qur’ani "
      2. Misi
Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran Islam sehingga menjadi sumber kearifan dalam berfikir dan bertindak; Mendorong siswa untuk sebersih-bersih tauhid, setinggi-tinggi ilmu pengetahuan dan sepandai-pandai siasyah;  Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga siswa dapat berkembang optimal sesuai potensinya; Menumbuhkan semangat dan sikap jiwa mandiri
         MI Cokroaminoto 01 Wanakarsa merupakan lembaga tingkat dasar yang berupaya untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan serta mempersiapkan anak didik agar dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Mirip dengan madrasah ibtidaiyah lain, 100% pelajaran yang diberikan adalah pelajaran umum ditambah pelajaran agama Islam sebagai ciri khas Madrasah Ibtidaiyah.
Sejalan dengan tuntutan zaman, mulai tahun 1999 MI Cokroaminoto 01 Wanakarsa menambah satu mata pelajaran muatan lokal yaitu Bahasa Inggris yang diajarkan dari kelas IV sampai kelas VI. Dan untuk tahun 2009 mata pelajaran Bahasa Inggris mulai diajarkan dari kelas I sampai kelas VI. Misi dan visi tersebut menjadi pemicu para warga sekolah MI Cokroaminoto 01 Wanakarsa untuk meningkatkan prestasi khususnya bagi input sekolah (siswa).

D. Struktur Organisasi
         Sekolah merupakan wadah kegiatan masyarakat yang terdiri dari guru, siswa dan karyawan yang perlu mengembangkan diri untuk berprestasi. MI Cokroaminoto 01 Wanakarsa merupakan lembaga pendidikan dan pengajaran yang bernaung di bawah Departemen Agama. Setiap lembaga pendidikan sudah tentu memiliki struktur organisasi. Hal ini karena struktur organisasi dalam suatu lembaga pendidikan sangat penting keberadaannya. Eksistensinya berguna untuk memperlancar pelaksanaan dan menangani kegiatan yang berlangsung dalam proses pengajaran. Oleh karena itu, untuk memperlancar pelaksanaan dan menangani kegiatan yang berlangsung dalam proses pengajaran, diperlukan struktur organisasi yang tepat. Penentuan struktur organisasi tersebut berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab sehingga dapat diperoleh mekanisme kerja yang lancar dan efisiensi kerja yang optimal.
E. Keadaan Guru, Siswa, dan Karyawan
      1. Keadaan Guru
Salah satu faktor yang sangat menentukan bagi keberhasilan proses pembelajaran dalam sebuah lembaga adalah keberadaan guru. Karena tanpa adanya guru kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak akan pernah mencapai tujuannya. Guru mempunyai tugas yang sangat penting dalam mencapai sebagian besar tujuan dan harapan kemajuan siswa melalui proses kegiatan belajar mengajar, karena di tangan guru.
Tenaga pengajar di MI Cokroaminoto 01 Wanakarsa dari tahun ke tahun senantiasa mengalami perubahan. Dari hasil penelitian yang penulis dapatkan, pembagian tugas pengajaran guru disesuaikan dengan pengalaman dan keahlian setiap guru.
      2. Keadaan Siswa
Siswa merupakan subyek didik yang perlu dipahami dan dipertimbangkan dalam kebijaksanaan proses belajar mengajar. Potensi dan tingkat motivasi dalam belajar akan sangat menentukan proses pelaksanaan dan keberhasilan pendidikan. Jumlah keseluruhan siswa MIC 01 Wanakarsa di Rawawindu pd tahun ajaran 2010/2011 adalah 40 anak putra dan putri. 
      3. Karyawan
Karyawan adalah tenaga non pendidik yang memiliki tugas dan tujuan untuk membantu mengoordinir segala wilayah yang menyangkut administrasi secara keseluruhan. 
F. Sarana Prasarana
       Sarana dan fasilitas yang dimaksud adalah segala sesuatu yang sangat membantu jalannya proses belajar mengajar yang baik. Lembaga pendidikan tidak hanya dituntut mengadakan proses belajar mengajar seadanya, namun perlu adanya fasilitas serta sarana dan prasarana yang mendukung untuk tercapainya tujuan pendidikan.
MI Cokroaminoto 01 Wanakarsa telah berupaya mengusahakan sarana dan fasilitas pendidikan yang memadai, agar tercipta lingkungan yang kondusif serta terwujud interaksi dan komunikasi antar berbagai arah, yakni dari pendidik- anak didik, pendidik-pendidik, bahkan dari anak didik ke anak didik lainnya.

























































Artinya : “Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada Agama (Allah); (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”. (QS. Ar-Rum: 30).

مَنْ جَدَّ وَجَدَ
" Barang siapa sungguh-sungguh akan berhasil"

* تَرْجُوْ النَّجَاحَ وَلمَ ْتـَسْلُكْ مَسَالِكَهُ 
فَإِنّ َالسَّفِيْنَةَ لاَ تجَرِْي عَلىَ الْيَبََسِ * 

Barang siapa mencari ilmu tanpa mau belajar, maka sesungguhnya kapal itu tidak berjalan di atas tanah kering.



"ilaahi anta maqshuudi wa ridhoka mathlubii"

Tuhan engkau tujuanku & ridho'MU yang ku pinta

1 komentar:

المدرسة ابتدإيه جوقروامي نوتو١وناكرسا فى راواويندو mengatakan...

kritik, masukan dan saran yang membangun kami harapkan demi berkembangnya Madrasah ini, dan berjuang di jalan Allah swt.